Thursday, July 30, 2015

Getting to Know What’s Inside of it – This Time, THE PROJECT OWNER



 Beberapa minggu yang lalu kan kita udh banyak bahas nih tentang “Apa sih itu crowdfunding?” dan “Platform crowdfunding yang oke di Indonesia itu apa?” Udah pada tau semua dong itu jawabannya! Jelaslah ya platform crowdfunding yang oke di Indonesia itu ya Cari N Cara :D

Untuk sekarang kita akan membahas mengenai apa yang ada didalam crowdfunding. Hal yang paling penting untuk ada didalam crowdfunding itu ada empat, yaitu: PROJECT OWNER, SUPPORTER, PROJECT, dan PLATFORM. Penasaran kan maksudnya itu apa sih? Yuk kita bahas satu-satu dan khusus hari ini kita akan membahas tentang PROJECT OWNER!!

Sebenarnya Project Owner itu dapat diartikan sebagai orang atau entitas yang memulai sebuah project yang langsung diciptakan dari idenya sendiri. Project Owner  ini biasa juga disebut sebagai pemilik dari sebuah project yang diciptakannya tersebut. Project Owner di crowdfunding bisa berupa perorangan ataupun sebuah group. Tergantung bagaimana mereka me-manage project tersebut.

Project Owner di crowdfunding harus memiliki kewajiban untuk mengajak orang-orang disekitarnya untuk terus mendukung project nya agar project tersebut bisa menjadi kenyataan. Project Owner diwajibkan untuk menyiapkan project yang ingin diajukannya secara matang-matang, dengan cara menghitung dengan teliti berapa modal yang dibutuhkan untuk menciptakan project tersebut.

Selain itu, Project Owner juga harus merancang feedback yang akan diberikan kepada para SUPPORTER. Feedback yang akan diberikan Project Owner bisa apa aja. Gak harus berupa barang, tapi bisa juga dalam bentuk jasa. Salah satu contohnya adalah, jika ada project dalam bentuk sebuah konser, pasti ada artis-artisnya dong? Feedback yang diberikan untuk SUPPORTER  bisa berupa mention di media sosial dari artis tersebut ataupun meet and greet dengan artis tersebut. Tergantung seberapa besar sih donasi yang diberikan oleh SUPPORTER tersebut.

Udah mulai ngerti dong sekarang bagaimana caranya untuk menjadi seorang Project Owner? Yuk mulai dipikirin ide yang bagus untuk melahirkan sebuah project biar bisa jadi Project Owner di Cari N Cara, salah satu platform crowdfunding di Indonesia!

0 comments:

Post a Comment