Tuesday, July 14, 2015

What Is Crowdfunding?


Mengenal lebih jauh mengenai CROWDFUNDING!

Crowdfunding adalah salah satu metode pendanaan bisnis alternatif yang lagi populer di dunia. Beberapa dari kalian mungkin masih ada yang belum familiar dengan istilah “crowdfunding”, jadi simak aja artikel ini untuk tau lebih lanjut mengenai crowdfunding.
Secara garis besar crowdfunding itu adalah pendanaan ramai-ramai, atau lebih umum disebut dengan patungan dalam bahasa Indonesia. Crowdfunding ialah salah satu alternatif untuk mendapatkan modal yang memungkinkan puluhan bahkan ratusan orang patungan mewujudkan suatu proyek komersial maupun penggalangan dana untuk kepentingan sosial.
Orang-orang yang terlibat dalam pendanaan crowdfunding pada prinsipnya adalah investor. Seperti investor pada umumnya, pendukung suatu ide proyek di sistem crowdfunding juga terpapar pada kemungkinan mengalami salah perhitungan, kerugian, bahkan kegagalan.
Crowdfunding sangat mendorong para inovator untuk menciptakan sesuatu. Karenanya siapapun dapat menjadi pencipta proyek dan mengajukan suntikan dana crowdfunding. Namun tidak semua ide brilian dapat berhasil menggalang dukungan yang besar jika kurang berhasil menarik minat para pendukung.
Ada cukup banyak mereka yang berhasil mendapatkan dana dengan sistem crowdfunding. Contohnya, game horor buatan anak Indonesia berjudul DreadOut.DreadOut mencamtumkan angka $25.000 untuk dana yang dibutuhkan, sedangkan dana yang terkumpul mencapai $29.067 melebihi target yang ditentukan.
Banyak pilihan situs crowdfunding sebagai sarana mendapatkan modal. Di Indonesia sendiri ada situs crowdfunding untuk segala komunitas kreatif di Indonesia, yaitu Cari N Cara
Jadi, siapa bilang bisnis harus dimulai dengan modal sendiri. Anda juga bisa menjadi pencipta suatu proyek dengan modal ide brilian. Atau jika Anda punya ketajaman spekulasi dan membaca pasar, maka Anda bisa mempertimbangkan opsi untuk menjadi pendukung proyek-proyek potensial di sistem crowdfunding.

2 comments: